Pages

Kamis, 04 Februari 2016

Pastry Cina (pastry tanpa korsvet)

Saya belum pernah mencoba membuat puff pastry. Kesulitan dan kerumitan yang bakal dihadapi membuat saya mundur sebelum mencoba. Karena, sama sekali tak terbayangkan oleh saya bagaimana caranya membuat tumpukan lapisan-lapisan tipis dengan tekstur yang renyah itu. Padahal, banyak orang bilang, untuk membuat pastry yang baik hanya diperlukan sedikit kesabaran dan latihan menggilas dan melipat secara cermat. Haduh, tetap saja, saya masih belum berani untuk mencoba. :-D Apalagi, katanya, untuk membuat puff pastry diperlukan pastry shortening yang lebih dikenal dengan nama Belandanya 'korsvet'. Duh, Gusti, apapula ituh!..:-D

Tapi, beberapa hari lalu, berawal dari melihat sesisir pisang raja yang tergeletak di meja dapur, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat 'bolen pisang', salah satu olahan yang menggunakan adonan puff pastry. Mirip puff pastry, lebih tepatnya. :-D Karena, saya tidak menggunakan korsvet. Teknik melapisnya seperti membuat puff pastry. Teknik membuat puff pastry tanpa korsvet seperti ini dikenal di negeri Cina, sehingga lebih dikenal dengan nama Pastry Cina. Tapi, jangan berkecil hati. Hasilnya, sama seperti puff pastry dengan menggunakan korsvet. Teksturnya berlapis, renyah ketika digigit, gurih di mulut, dan lembut.

Mudah-mudahan, resep pastry Cina di bawah ini bisa membantu bagi siapa pun yang ingin mencoba. ;-)

Resep Pastry Cina

Bahan

Adonan A
100 gram tepung terigu protein rendah (segitiga biru)
50 gram mentega putih

Adonan B
150 gram tepung terigu protein rendah (segitiga biru)
60 gram mentega/margarin
1/2 sdm gula bubuk
50 ml air hangat

Cara Membuat :
  • Adonan A : Campur tepung terigu dan mentega putih, uleni sampai adonan licin dan rata. Potomg jadi 16 bagian, bulatkan.
  • Adonan B :Campur tepung terigu, mentega/margarin, gula, dan air hangat. Aduk hingga menjadi adonan yang dapat dipulung. Bulatkan adonan, diamkan sekitar 20 menit. Potong jadi 16 bagian, bulatkan.
  • Tipiskan adonan B, sehingga cukup untuk membungkus adonan A. Bungkus setiap adonan A dengan adonan B, bulatkan.
  • Tipiskan campuran adonan A dan B, lipat seperti amplop, tipiskan kembali. Ulangi sampai 2 kali. Kerjakan satu demi satu sampai adonan habis. Diamkan sekitar 15 menit. Pada tahap ini, adonan siap digunakan sesuai keperluan resep. 
Untuk resep pisang bolen tanpa korsvet, bisa diliat di sini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar